Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MARTABAK ISI BIHUN



Hari ini ceritanya lagi pengen banget nostalgia jajanan waktu SD,dimana masalah terberat pada saat itu hanya PR matematika hehehe.. langsung masuk ke kantung doraemon mundur ke ingatan jaman masih SD..

 Martabak isi bihun.. ya itulah jajanan SD yang bagi saya penuh dengan memori.. xixixixi,inget banget pas jaman dulu pulang sekolah,bareng sama teman-teman langsung kabur ke warung ibuk yang jual martabak..

Sebenarnya sih martabaknya sederhana cuma martabak yang di isi dengan bihun,tapi bisa melipat martabaknya sendiri menurut anak SD itu pengalaman yang sangat luar biasa.. hehehe
Jadi sama si ibuk penjual martabaknya kita dikasih 1 bulatan adonan kulit martabak,kita disuruh nglebarin adonan kulitnya sendiri,setelah itu sama ibuknya dikasih isi (bihun),trus abis itu kita lipat sendiri terserah mau bentuk apa,bisa segi empat ato segi tiga.. kadang-kadang jadinya malah bentuk abstrak.. ahahahahaha..

Riweh yaaa.. tapi seruuuuuuu banget  rasanya nikmatin martabak hasil nglipat sendiri.. hehehe apalagi makannya rame-rame bareng sama teman..
Eh kok jadi panjang yaaaa ceritanya.. yuk ah cuss ke resepnya..

MARTABAK ISI BIHUN ala Pheeta

BAHAN KULIT :
200g terigu cakra
¼ sendok teh garam
140ml air
30g minyak goreng
500ml minyak untuk merendam

ISI :
1 bungkus bihun rebus matang kemudian tiriskan
200ml air
1 buah wortel serut kasar
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
100 g daging sapi cincang tumis hingga matang
1 batang daun bawang cincang halus
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih
3siung bawang merah
½ sendok teh merica

CARA MEMBUAT :

Kulit : campur dalam wadah,terigu dan garam aduk  rata,kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit uleni sampai kalis,kemudian tambahkan minyak goreng uleni lagi sampai kalis.. bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian celupkan ke dalam rendaman minyak goreng.. diamkan selama 2jam.
Isi :
1.      panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus sampai harum tambahkan irisan daun bawang tumis kembali sampai harum
2.      masukkan daging cincang dan wortel serut,kemudian tambahkan air,beri garam dan gula tunggu hingga wortel sedikit layu
3.      kemudian masukkan bihun aduk-aduk sampai semua bumbu dan bihun tercampur rata. dan air terserap habis, matikan api dan sishkan

Lebarkan adonan kulit kemudian isi dengan bihun,lipat seperti bentuk amplop

Goreng hingga kuning kecoklatan

Martabak siap dihidangkan

Heeeeeeeem rasanaya seperti kembali ke jaman SD hahaha.. nggak kerasa dari tadi nyomotin sudah habis 3 aduuuuuh bisa gagal diet ini..

Ternyata jadinya lumayan banyak..  tinggal beres-beres sambil nungguin big bos pulang kerja.. camilan sudah  siaaaap.. sekarang waktunya leyeh-leyeh manja… hihihi selamat weekend buat semuanyaaaaa.. kisskiss

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar